Skip to content

Wilayah Tuhan VS wilayah manusia

May 21, 2010
tags:

Entah sejujurnya saya juga ga tau mana batas wilayah Tuhan dan mana wilayah kita sebagai manusia. Klo jujur, sebenarnya yang ada di langit dan di bumi adalah semuanya milik Tuhan, di sini kita hanya numpang “gratis”, dan klo kita mau sadar, semua yang kita miliki, termasuk diri kita ini adalah milik Tuhan.

Tetapi klo semuanya milik Tuhan, berarti Tuhan Maha berkuasa dong. Artinya semua kejadian yang ada di dunia adalah maunya Tuhan. Semua kebaikan dan kejahatan adalah mau Tuhan. Klo Tuhan Maha berkuasa, kenapa tidak membuat semuanya baik dan menghilangkan semua kejahatan?

Nah, di sini lah wilayah manusia. “kehendak bebas”. Wilayah itu lah yang tidak bisa dikuasai Tuhan dari manusia. Itu lah sebabnya mengapa kejahatan masih saja terjadi. Wilayah Tuhan adalah segala sesuatu yang berada di luar kehendak kita. Saya beri contoh: Suatu ketika Anda berjalan, tiba-tiba ada mangga jatuh di depan Anda. Pertanyaannya: Apakah Anda yang menghendaki mangga jatuh? Itu lah kehendak Tuhan, sesuatu yang terjadi di luar “kehendak bebas” kita.

Kesimpulannya: Apa pun yang terjadi di luar “kehendak bebas” kita, itu lah kehendak Tuhan. Pelajaran penting: Tidak yang perlu ditakuti dan ditangisi dari urusan di dunia ini, karena itu lah maunya Tuhan, kita hanya berbuat sebaik-baiknya, dah hasilnya kita serahkan pada Tuhan.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: