Skip to content

Rumus lengkap rubik 3×3

March 24, 2010
tags:

Setelah beberapa hari yang lalu saya hanya menulis cara bermain rubik 3×3 hanya untuk saya sendiri. Sekarang saya membagikan cara lengkapnya dengan harapan orang lain juga bisa menyelesaikan permain rubik 3×3.

Untuk tutorial ini, saya harapkan Anda mengikuti instruksi saya, baik itu posisi depan, belakang, kanan, kiri, atas dan bawah. Dan juga, warna yang ada (ini hanya contoh).

Tutorialnya adalah sebagai berikut:

1. setelah satu warna (merah) jadi (untuk cara membuat satu warna, tidak usah dijelaskan). Dalam membentuk satu warna harus dilihat warna tengah rubik, artinya setiap warna tengah harus berpasangan dengan bagian atas. Pasangan yang tepat adalah: merah-kuning, merah-biru, merah-putih, merah-hijau.

rubik 3x3

Jangan lupa, untuk posisi pojok, warna juga harus tepat, perhatikan gambar di atas. Setelah semua warna merah jadi dan sesuai dengan warna bagian tengah pada bagian samping, posisikan warna merah sebagai bagian bawah. Sampai akhir, posisi warna merah harus tetap di bawah.

2. setelah itu kita akan memperbaiki warna tengan bagian samping. Pada contoh dibawah ini, saya akan memperbaiki posisi warna biru-kuning ke warna abu-abu (ga ada warna abu-abu, itu sebagai penanda arah tujuan). Caranya adalah sebagai berikut.

rubik 3x3

Posisikan warna atas biru-kuning (harus) seperti gambar di atas. Rumusnya: atas-kiri, kanan-atas, atas-kanan, kanan-bawah, depan-kiri, kanan-bawah, depan-kiri, kanan-atas.

Cara membaca rumus di atas:

Atas-kiri: bagian atas rubik diputar ke arah kiri.
Kanan-atas: bagian kanan rubik diputar ke arah atas.
Atas-kanan: bagian atas rubik diputar ke arah kanana.

Dan seterusnya, untuk rumus selanjutnya, penyebutan arah pertama menunjukkan posisi rubik, penyebutan arah ke dua menunjukkan ke arah mana bagian itu bergerak.

Untuk memperjelas, saya akan contoh kan satu lagi.

rubik 3x3

Posisikan warna hijau-kuning seperti gambar di atas. Untuk posisi depan, jangan ikuti gambar di atas (ini biar Anda tidak bingung), warna hijau jadikan sebagai bagian depan.. Kita akan mengarahkannya ke warna abu-abu. Rumusnya: atas-kanan, kiri-atas, atas-kiri, kiri-bawah, depan-kiri, kiri-bawah, depan-kanan, kiri-atas.

Sebenarnya sama dengan rumus yang pertama, hanya beda bagian mana yang yang akan diputar dan arah putarannya.

Bila semuanya sudah selesai maka, akan seperti gambar di bawah ini.

rubik 3x3

Gambar pertama, tampak depan (biru-kuning), dan gambar ke dua tampak belakang (hijau-putih).

3. setelah tahap dua selesai, maka kita lihat bagian atas (orange) rubik. Ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Agar mempermudah pemahaman, saya akan memberi nama pada kemungkinan yang akan terjadi.

Kemungkinan pertama, bentuk melintang, perhatikan gambar di bawah ini.

rubik 3x3

Untuk bentuk di atas, rumusnya: depan-kanan, kanan-atas, atas-kiri, kanan-bawah, atas-kanan, depan-kiri.

Kemungkinan kedua, perhatikan gambar di bawah ini, saya akan memberikan namanya sesuai urutan gambar.

rubik 3x3

Untuk bagian yang akan menjadi bagian depan (sesuai gambar), ikuti petunjuk saya (cara memegang).
Gambar 1: bentuk huruf J, bagian depan sesuai dengan gambar
Gambar 2: bentuk mobil, jadikan bagian depan di kiri (lampu mobil menghadap ke kiri)
Gambar 3: bentuk plus dengan lampu, sama dengan bentuk mobil
Gambar 4: bentuk ikan, bagian depan sesuai dengan gambar.
Gambar 5: bentuk ikan juga, bagian depan jadikan di kiri sehingga bagian kanan jadi depan.

Semua kemungkianan gambar di atas, memiliki satu rumus, yaitu: kanan-atas, atas-kiri, kanan-bawah, atas-kiri, kanan-atas, atas putar 2x, kanan-bawah.

Untuk gambar 5 sebnarnya sama dengan rumus di atas juga, hanya diganti putaran arahnya: kiri-atas, atas-kanan, kiri-bawah, atas-kiri, kiri-atas, atas putar 2x, kiri-bawah.

Putar terus sampai bagian orange di atas terbentuk semua dengan memperhatikan kemungkinan gambar yang muncul.

4. setalah Anda putar terus, usahakan berbentuknya seperti gambar di bawah ini

rubik 3x3

Bila semua bagian atas sudah satu warna, maka rumusnya: kanan-bawah, depan-kanan, kanan-bawah, belakang putar 2x, kanan-atas, depan-kiri, kanan-bawah, belakang putar 2x, kanan bawah.

5. tahap penyelesaian

Putar saja terus, sampai ada kemungkinan berbentuk seperti gambar di bawah ini (gambar tidak harus sama, karena kemungkinan warna bisa berbeda, tapi untuk arah gerakannya sama):

rubik 3x3

Untuk penyelesaian bentuk seperti di atas (untuk gambar pertama) adalah: depan putar 2x, putar atas-kiri, kanan-bawah, kiri-bawah, depan putar 2x, kanan-atas, kiri-atas.

Jangan bingung dulu melihat hasilnya, lihat bagian warna mana yang mungkin bisa dijadikan satu warna, putar saja.

Tidak ada rumus tetap untuk tahap penyelesaian ini, karena terlalu banyak kemungkinan, putar saja, sampai semua warna sama.

rubik 3x3

About these ads
55 Comments leave one →
  1. May 31, 2010 12:37 pm

    maaf… gg ngerti,, hehe

    • syaban permalink*
      June 7, 2010 6:35 pm

      yang bagian mana-nya ga dimengerti? mungkin bisa saya bantu.

  2. June 18, 2010 1:36 pm

    Top!
    Aku dah jadi 10 kali pke rmus ni..

  3. June 29, 2010 5:36 am

    aku isane gor sak warna kok mas bingung aku??

    • syaban permalink*
      July 2, 2010 3:06 am

      piye iki? dicoba lagi mas, ntar klo msh blm jelas, tanya lagi.

  4. Hasan permalink
    July 4, 2010 1:00 pm

    Tahap ke 4 sangat membingungkan.
    Tolong di jelaskan sejelas mungkin.
    Terima kasih…

    • syaban permalink*
      July 5, 2010 4:27 pm

      O ia, lanjutan kalimatnya ada di tahap ke-5. Artinya lakukan tahap ke-4 terus-menerus, putar terus sesuai rumus hingga berbentuk gambar pada tahap ke-5.

  5. alfi permalink
    August 7, 2010 12:57 pm

    ea..??
    gak ngerti wa..???

  6. putri permalink
    August 8, 2010 11:25 am

    susah yu… ajarin langsung ajah. :(

    • syaban permalink*
      August 13, 2010 6:41 pm

      km dah punya rubik ga? klo dah ada ntar beri tau sy ok

  7. tronjol permalink
    August 12, 2010 1:56 pm

    binggung,,,,,

  8. Lord permalink
    August 31, 2010 9:08 pm

    yg di tahap 4..makstnya belakang yg mana.?bingung gw..

  9. ranil permalink
    October 10, 2010 8:52 am

    mas ada langsung pakai rumus seperti
    a d r dan lain-lain

  10. kustaji permalink
    October 29, 2010 2:51 am

    maksudnya atas di putar 2x itu kearah mna.?? Searah jarum jam/brlawanan.??

    • syaban permalink*
      October 30, 2010 12:56 pm

      Kalau putar 2x itu artinya 180 derajat. jadi sama saja searah bisa berlawanan jg bisa

  11. October 31, 2010 2:52 pm

    gue pusing pas mau nyelesein layer kedua. bagian atas (Up) kuning, di edgenya ada semua kuningnya. jadi gua gak tau pake rumus kanan atau kiri. jadi selanjutnya bagaimana?

    • syaban permalink*
      November 3, 2010 1:29 pm

      Maksudnya gimana neh..? Saya bingung sm pertanyaannya..

    • thi permalink
      November 8, 2010 6:54 am

      klo gtu ttp pake rumus yg mau buat 2 layer…caranya liat aja edge yg mae di pindah dikanan atau dikiri,,,terus tinggal ikutin rumus nya….

  12. dedy vai permalink
    November 3, 2010 12:09 pm

    mantep???? bsa pamer ma temen”

  13. thi permalink
    November 8, 2010 6:56 am

    selain bentuk kuning yg diatas
    ada nmanya kursi, kecebong…
    rumus gmna tuh

    • syaban permalink*
      November 9, 2010 2:38 am

      Mungkin namanya sj yg berbeda. misalnya kursi mungkin nama lain dari rumus bentuk L atau J. Kecebong mungkin nama lain dari rumus bentuk ikan..

  14. Muchles permalink
    November 18, 2010 2:02 pm

    thank for you all,

  15. arga prastya permalink
    November 24, 2010 12:07 pm

    walaupun susahhh,, kalau d pelajari lama2 bisa jugaaaaaaaaaa,,,, thanks rumus eeeeeeeeee

  16. rafsanjani permalink
    December 5, 2010 2:45 am

    bagaimana cara main rubik

  17. yanee permalink
    December 26, 2010 1:45 am

    diputer”…tahap ke-4 masih tetep aja bingung,
    belakang di putar 2kali gmana
    udah tak putar malah hancur berantakan,, :(

    • syaban permalink*
      December 29, 2010 1:54 am

      Makasudnya, bagian belakang itu adalah bagian yang yang berlawanan dengan depan. Sebelumnya tentukan dulu mana bagian yang akan menjadi depan, terus putar bagian belakannya sebesar 180 derajat bisa searah atau berlawanan arah jarum jam.

  18. March 12, 2011 1:37 am

    terimakasih penjelasannya sgt membantu.

  19. April 23, 2011 4:48 am

    gue gg tau juga nih loh bikin rumusnya hard bgt

    • syaban permalink*
      May 6, 2011 1:18 am

      Susahnya di mana? Mungkin sy bisa bantu :D

    • arga permalink
      June 20, 2011 12:37 pm

      sabar dan terus belajarrrrr

  20. vicky abew permalink
    June 1, 2011 11:56 am

    waduuh yang buat rumus ikan nya kok malah jadi berantakan sih ?? ahduh saya binguung –.—

  21. paijo permalink
    June 12, 2011 10:59 am

    sepertinya ada yang salah denga rumus rubik di atas. coba di cek lagi gan,

    • syaban permalink*
      January 27, 2012 2:07 am

      Lha tuh ada teman yg komen klo mereka berhasil gan :)

    • day permalink
      August 28, 2012 1:01 pm

      iya gan, ada kesalahan dkit di tahap pyelesaian……

  22. arga permalink
    June 20, 2011 12:34 pm

    makasihhhhh.. akhirnya bisa jugaaa

  23. Yoan permalink
    July 16, 2011 4:38 am

    gini gan ane dari tadi muter2 nyari trik rubik 3×3 malah dapet yang cara nomor 1 selalu di skip padahal itu gak boleh gan…..
    gak sesuai sama yang pemula gan kalau yang dewa seeh gak papa tapi klo yang pemula bagaimana menyelesaikannya…..
    apalagi rubik meraka sudah terlanjur acak2-an

  24. andi permalink
    August 14, 2011 12:07 am

    tahap ke 5 gambar ke 2 nya,bagaimana rumusnya ?

    • syaban permalink*
      January 27, 2012 2:10 am

      sama kayak gambar ke 1 gan :)

  25. November 5, 2011 3:00 pm

    duch bingung tahap 4..

  26. marnox permalink
    December 17, 2011 7:08 am

    manntappp boss…
    rumusnya manjur.

  27. May 5, 2012 8:40 pm

    qw dah bisa jadiin selama 3 menit 6 dtk pake rumus ini

  28. May 5, 2012 11:41 pm

    skrang qw dah bisa lbih cpat 1 menit 5 dtik

  29. mozek permalink
    June 24, 2012 11:57 pm

    mas gk ada rumus yg singkat klaw ada kluarin

  30. luthfy permalink
    June 30, 2012 10:22 am

    kk q bisanya sampek setrip 2 sehabis itu gimana caranya kk jg beritau nama rumusnya ya kk

    • syaban permalink*
      April 24, 2013 2:48 pm

      Dicoba trus, itu ada tmnnya yg berhasil pake rumus di atas

  31. ari permalink
    November 3, 2012 10:29 am

    ajarin aq dunk….

  32. deni permalink
    November 5, 2012 12:52 pm

    gan, tiap rubik beda warna gan, g harus sama dengan yang agan jelasin,

    - Langkah 1 adalah membuat cross putih.
    - Langkah 2 membuat layer pertama dengan menyelesaikan warna putih rumus nya R U R atau L’ U’ L.
    - Langkah 3 menyusun layer ke 2 atau setengah jadi, rumus nya U’L’UL UFU’F’ atau URU’R’ U’F’UF
    - Langkah 4 menyusun rubik 3×3 adalah menyusun cross kuning.pada kondisi ini terdapat 3 rumus
    salah satunya FRU R’U’F’.
    - Langkah 5 membuat sisi atas semuanya berwarna kuning rumus nya RUR’U RU2R’
    - Langkah 6 adalah menyusun/ corner semua warna atas.rumus nya RU2 R’U’ RU2 L’UR’ U’L
    - Langkah Terakhir dengan 2 kondisi menyamakan warna searah jarum jam, adapun rumus rubiknya F2 (U) LR’F2 (L’R) (U) F2 dan apabila berlawan jarum jam rumus rubiknya adalah F2(U’) LR’F2 RL’ (U’) F2
    tuch rumus yang bener ( R=right, L=Left, F=Font, U=Up kalo ada tanda ‘ berarti akses/kebalikan putaran)

    • syaban permalink*
      April 24, 2013 2:46 pm

      Makasi tambahannya gan :)

  33. nastiti permalink
    December 15, 2012 11:29 am

    waaaww, ini bukan salah masnya ok, tp salah rubiknya yg gak jadi”

  34. Alex permalink
    February 10, 2013 1:45 pm

    mengapa di tahap 4 ,,,,, susah banget jadiin warna di atasnya ???? pliss bantu !!!

  35. bella permalink
    March 8, 2013 9:11 am

    yg ptr atas 2x tu,ptr ke kanan atau ke kiri ?

    • syaban permalink*
      April 24, 2013 2:50 pm

      Klo putar 2x bisa mana saja, puturannya sampe 180°, bisa kanan bisa kiri

  36. March 20, 2013 3:48 am

    Gan, tutorial anda sudah bagus sekali untuk solusi rubik 3×3 tahap pemula.

    Terima kasih untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan nya tentang rubiks cube.

    oh ya sekedar info, kami adalah toko rubik online yang menjual berbagai macam jenis rubik cube dan twisty puzzles mulai dari ukuran 2×2 – 11×11 dengan harga murah, kualitas terbaik dan model terlengkap.

    main-main ke toko rubik kami ya. Thank you :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: